Agu
22
2014
Today

Cuaca Cilacap 2-8-2014

Hujan
Suhu : 23-320C
Angin : 5-32 km/jam
Cuaca Maritim KLIK Disini

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Burung Merpati Tinggian Makin Digemari
Oleh Wagino   
Minggu, 13 April 2008 23:49

CILACAP – Hobi memelihara burung merpati merupakan kesenangan tersendiri bagi sebagian orang Cilacap, dari dulu hingga sekarang tidak pernah meredup. Bahkan membentuk semacam komunitas dan membuat arena secara khusus menyerupai lapak tempat terbuka seperti di komplek lapangan eks Batalyon, PPSC dan tempat lain.

Para penggemar burung merpati jenis tinggian ini berasal dari beragam profesi, mulai dari pengusaha, karyawan dan buruh maupun yang murni peternak merpati, bahkan ada yang belum punya pekerjaan sama sekali. Aktifitas dilakukan hampir setiap hari mulai jam delapan pagi hingga jam sebelas siang, dilanjutkan jam tiga sore hingga jam setengah enam petang.

Tidak sedikit diantara penggemar burung merpati yang sering mengikuti lomba ketangkasan terbang tinggi di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bekasi dan Purwokerto.

Bayu Dwi Putranto, warga Jalan Anggrek salah seorang penggemar burung merpati kelompok Penggemar Burung Merpati Lapak Katamso (PBMLP) yang kerap mengikuti lomba diluar daerah menuturkan, saat ini di lapangan eks Batalyon sedikitnya terdapat 30 lapak yang hampir setiap hari ramai dikunjungi penonton yang sekedar menonton maupun ingin membeli. Terlebih jelang mendekati adanya lomba biasanya uji coba semakin sering.

Sebagian besar burung merpati yang digunakan oleh penggemar merpati ketinggian itu bukan jenis merpati biasa. Merpati jenis ini memiliki ketangkasan dalam terbang tinggi sehingga burung itu biasanya sudah sangat jinak dan terlatih.

Menurut Bayu, untuk bisa memelihara dan melatih burung merpati dibutuhkan kesabaran. "Disamping rajin melatih dan menguji dengan burung merpati tetangga lapak, untuk mengasah ketajaman harus sering mengikuti lomba," tuturnya.

Merpati terbang tinggian, lanjut Bayu, diterbangkan dari suatu tempat yang terhalang rintangan sekalipun seperti pohon, rumah dan sebagainya dengan menempuh jarak hingga 5 kilometer. Jadi pasangannya tidak bisa saling melihat. Biasanya yang diterbangkan adalah jantannya, sedang betina pasangannya untuk “kleppek” atau pemancing pejantan saat mendekati lokasi.

"Burung merpati yang sudah biasa menempuh jarak sekitar 5 kilometer masuk kategori bintang. Burung merpati ini harganya sudah diatas Rp 1 juta, itu pun kalau dijual", jelasnya.

Bayu mengaku, burung merpati miliknya yang harganya kisaran Rp 5 juta sering disewa untuk lomba maupun untuk kawin. Harga sewa mencapai Rp 1 juta untuk tiga kali bertelur. Saat ini Bayu memiliki 10 pasang merpati khusus diadu termasuk yang harganya mencapai Rp 5 juta dan 13 pasang merpati bibitan. Telur merpati milik bayu juga tergolong mahal, harga berkisar Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu per butir tergantung keturunan.

Sementara untuk perawatan Bayu memberikan makan berupa jagung, beras merah dan kacang hijau serta air minum yang dicampur dengan neo antiseptic yang berfungsi mencegah penyakit dan kutu. Selain itu juga diberikan suntikan vaksin tiap 3 bulan sekali. Setiap pagi harus dijemur di bawah sinar matahari.

"Jika mau lomba, malamnya harus dimandikan dengan sampo agar bulu-bulunya bersih dan terbangnya bagus," ujar Bayu.

Bayu adalah satu diantara ratusan bahkan ribuan penggemar burung merpati ketinggian di Cilacap yang menyalurkan hobi sekaligus mengais rupiah dari merpati. Peminatnya dari tahun ke tahun terus meningkat.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Comments 

 
0 #353 jual burung dara tinggi dan stut pkhendra 2014-04-12 20:35
saya hendra ingin menjual buru dara koleksi saya...
harga mulai dari 450-jutan..
kalu mau lihat foto lewat bbm ajh yh.
klu ada yang minat langsung saja hubungi saya :
NO. HP : 083894015122
PIN BB : 742E4AEB UNTUK FOTO LEWAT BBMAN AJH
Quote
 
 
0 #352 jual burung dara tinggi dan stut pkhendra 2014-04-12 20:28
Saya HENDRA, saya ingin menjual koleksi burung dara saya. koleksia burung dara saya siap untuk tomprang dan koalong.bagi anda yg hobi dengan burung dara saya bisa langsung hubungi saya :
No HP : 083894015122
PIN BB : 742e4aeb untuk foto bisa lewat bbm
untuk harga 450-1jutan...
burung saya di INSYA ALLAH di jamin kwalitas semua
salam saya HENDRA JBBF
WSS...
Quote
 
 
+2 #351 burung merpati tinggi,cepat ,turun jam 12kaisar 2013-10-30 20:15
q beneran cari burung merpati yang tinggi,cepat,ge sit, turun stabil harga atara 100-150 ribu
Quote
 
 
+1 #350 markunjo 2013-04-17 00:19
Gan ane mw nyari burung tinggi kolongan jam 12,
Kira2 ada gan?

Ada gambar burungnya g?
Kalo harga cocok ane serius nyari..
Quote
 
 
-1 #349 Wonx tegal 2013-01-09 21:19
Nyong tuku ooh darane mne neng tegal aku wingi ndue dara tek didol payu Rp.50.000
darane aring nyublek ora karuan men mnang trus alhamdulillah
Quote
 
 
+1 #348 BuruNg Tinggi & balap Anakan 2012-10-12 14:06
Quote:
bang ada burung tinngi gga

banyak
Quote
 
 
0 #347 jual merpati tinggi 2012-08-12 13:30
ane mau jual merpati tinggi bro dengan harga 250rb buat yang berminat hubungi ane di no 085211ooo772
Quote
 
 
-1 #346 selap lumayan ok 2012-03-18 02:40
dijual brg kolong di semarang.wrn tritis selap.mata jawa.turun nggondol sedang.terbang halus.max sak semut.selese latih.siap lomba.geber jam11 ok.jam12 agak goyang.shoot halus.02470538334
Quote
 
 
0 #345 nyari burung tinggian 2012-02-29 15:16
gan ane mo nyari burung tinggian, turun,,y jujur sayap sutra
Quote
 
 
0 #344 burung tinggi 2012-02-24 00:35
085695952121 NO ANE BOS,,,KALAU MAU CARI BUJANGAN SEHARGA 2000 HUB ANE BOSS....
Quote
 
 
-1 #343 burung tinggi 2012-02-24 00:33
BOS ANE JUALAN BUJANGAN BURUNG TINGGI NI,,DIJAMIN MANTABZ DEH,,,,,TINGGAL ANE DI BUKIT DURI,,,,,PASARA N 2000 ,,,BISA DI RABA DULU BOSS....KUALITAS ANE JAMIN BAGUS.......TENGKIUWWWWW



085695952121,BERMINAT HUB SAYA BOSS......BYE GLEN
Quote
 
 
0 #342 saya mau pesan burung 2012-02-22 15:25
saya mau pesan burung merpati terbangan nya
yang tinggi,,,,,
terus terjunan nya atas bawah lebih cpat,,,
jga burung terbangan nya s'kecil apapun
mau turun diatas kepala,,,,,,
kira kira ada nggak sesuai dengan pesanan saya,,,
kalu ad saya mau pesan 5 pasang,,,,,,,,, ,
hubungin 081930500178
Quote
 
 
-1 #341 mau beli merpati 2012-02-11 20:22
saya mau jual warna coklat
Quote
 
 
+1 #340 Japati Hade 2012-01-18 14:34
Quote:
bang ada burung yang tinggi gga
kira-kira harganya berapa

ada hub085322408360
Quote
 
 
+1 #339 Japati Hade 2012-01-18 14:32
Quoting hasri.s:
di mana bisa cari burung tinggian di bandung...........

coba hubungi 085322408360
Quote
 
 
-1 #338 aku punya burang dara 2012-01-10 19:16
aku punya burung dara tinggian jarang dilatih
Quote
 
 
+1 #337 burung tinggia 2011-11-30 15:40
di mana bisa cari burung tinggian di bandung...........
Quote
 
 
+1 #336 Taraf pelatihan 2011-08-23 14:53
Gan,,, gw punya anakan merpati balap,dengan perlombaan merpati balap udah jarang,,, gw beralih k mwepati tinggi.gw punya msalah, apakah bisa, dri anakan M.balap bisa jdikan M.tinggi,,?? dan gimana cara pelatihanya,,?? thanks,,,,

hormat kami :
LPS ( Lapak Bersama Sampang )
Quote
 

Posting komentar anda