Nov
27
2014
Today

Cuaca Cilacap 3-9-2014

Cerah
Suhu : 22-280C
Angin : 5-27 km/jam
Cuaca Maritim KLIK Disini
Tanggapan Masyarakat Terhadap DCS Caleg Minim Cetak E-mail
Oleh Wagino   
Kamis, 23 Oktober 2008 15:04

CILACAP, (Cimed) – Tanggapan masyarakat terhadap calon legislatif (caleg) yang terdapat dalam Daftar Calon Sementara (DCS) sangat minim. Hingga batas akhir tanggal 14 Oktoer 2008, surat tanggapan yang masuk ke  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap yang dikirim oleh masyarakat terhadap caleg hanya lima surat.

Ketua KPUD Cilacap, Muh. Taufick Hidayatulloh saat dihubungi CilacapMedia.com melalui telpon genggamnya, Kamis (23/10), mengatakan, tanggapan kelima surat tersebut antara lain menyangkut keabsahan ijasah, tuduhan perkara pidana, perkara perdata dan moral.

“Surat tersebut ditujukan untuk caleg PDIP sebanyak tiga surat, Partai Golkar dua surat dan Gerindra satu surat,” kata Taufick tanpa merinci nama-nama caleg yang bersangkutan.

Menurut dia, surat tersebut sudah diteruskan kepada masing-masing partai yang mengusungnya.

“Partai pengusung telah memberikan klarifikasi secara tertulis. Tapi hingga saat KPUD sendiri belum mengadakan rapat pleno menanggapi klarifikasi tersebut,” katanya.

Terkait tanggapan masyarakat terhadap caleg yang bermasalah, dia mengatakan, kalau melihat klarifikasi dari partai pengusung kemungkinan dicoret dari DCT kecil.

“Setelah melihat surat klarifikasi yang dikirim masing-masing partai, caleg tersebut kemungkinan tetap masuk dalam DCT,” ujar Ketua KPUD Cilacap yang akan berakhir masa baktinya Rabu, (24/10) besok.

Disinggung minimnya respon dari masyarakat terhadap DCS yang telah diumumkan pada 26 September 2008, Taufick mengatakan bahwa ada dua kemungkinan yang terjadi.

“Minimnya respon masyarakat terhadap caleg yang terdapat dalam DCS ada dua kemungkinan. Pertama dari sisi caleg sendiri memang tidak bermasalah. Kemungkinan kedua masyarakat sendiri sudah apatis sehingga tetap cuek atau enggan menanggapi wakil mereka bahkan tidak mau ambil pusing dengan Pemilu,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini DCS sedang diproses menjadi Daftar Calon Tetap (DCT).

“DCT nanti akan diumumkan pada 31 Oktober 2008 di media cetak dan elektronik,” tambahnya.

Dari data DCS Pemilu Legislatif 2009 yang dikeluarkan KPUD Cilacap, sebanyak 578 Caleg dari 38 Parpol peserta Pemilu menyatakan siap maju menjadi calon anggota DPRD Kabupaten Cilacap. Dari jumlah itu, sebanyak 381 Caleg atau 65,9% adalah calon laki-laki. Sisanya, sebanyak 197 calon atau 34,1% adalah calon perempuan.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda